Imam Syafi'i

Bismillahirrahmanirrahiim...

Hello! Myspace Comments
^^ Heheheee... lagi semangat-semangatnya nih aku belajar SKI di sekolah (Sejarah Kebudayaan Islam).
Aku mau nulis yang ada di bukuku nih.. Ini tentang 4 Imam yang terkenal...! Moga bisa bermanfaat ya.. ^^

Mmmm... sekarang Imam Syafi'i dulu ya..!
Imam Syafi'i. Pasti sering denger kata-kata itu.. ^^ atau pernah baca lah.. hehehee..
Imam Syafi'i lahir di Gaza, Palestina pada tahun 767 M dan meninggal di Fusfat, Kairo pada tahun 820 M. Imam Syafi'i hidup pada masa pemerintahan Khalifah Harun ar-Rasyid, Al-Amin, dan Al-Ma'mun. Nama lengkap Imam Syafi'i ini adalah Abu Abdulullah Muhammad bin Idris asy-Syafi'i.

Pada saat Imam Syafi'i berusia 9 tahun, Imam Syafi'i sudah mampu menghafal Al-Qur'an. kemudian, ia mendalami bahasa dan sastra Arab ke sebuah desa Badui, yaitu Bani Huzail. Setelah itu, ia belajar fikih pada Imam Muslim bin Khalid az-Zanni. Dalam ilmu Hadits, ia berguru kepada Imam Sufyan bin Uyainah, sedangkan dalam ilmu Al-Qur'an ia berguru kepada Imam Ismail bin Qastantin. Ia juga mempelajari kitab al-Mutawatta dan berguru kepada Imam Maliki ( tentang Imam Maliki setelah Imam Syafi'i selesai ya.. OK??)

Mazhab fikihnya terkenal dengan nama Mazhab Syafi'i. Dalam menetapkan hukum, Imam SYafi'i menggunakan lima dasar, Yaitu,, Al-Qur'an, Sunnah, Ijmak, Kias, dan Istidal (penalaran). kelima dasar ini kemudian di kenal sebagai dasar-dasar mazhab Syafi'i. Adapun beberapa karya tulisnya adalah ar-Risalah (membahas tentang usul Fikih), al-Umm (membahas tentang kitab FIkih yang menyeluruh), al-Musnad (berisi hadits-hadits nabi) dan Ikhtilaf al-Hadis (kitab mengenai perbedaan-perbedaan dalam hadis)

itu tadi tentang Imam SYafi'i di buku pelajaranku.. ^^ Habis ini, seperti yang ku tulis di atas tadi, nanti akan ku tulis tentang Imam Maliki.. ^^ dan setelah itu 2 Imam yang selanjutnya... Tunggu Postingan selanjutnya ya..!!
semoga bermanfaat.. ^^

Hello! Myspace Comments
*di Comment ya kalau ada yang kurang pas atau ada tambahan tentang Imam Syafi'i ^^
Syukran..

0 komentar: